Jumat, 28 Februari 2014

Antara Cinta, Ilusi dan Masa Lalu



Penulis : Nora Robert
Kategori : Fiksi (roman harlequin)
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Th. Terbit : 2007 (cetakan II)
Tebal : 328 halaman
Cover : Soft Cover

Tulisan ini adalah Repost dari tulisan yang berjudul "Momen Penuh Keajaiban" yang telah aku posting di Blog Catatan Kecilku pada tanggal 21 Maret 2010.

Kali ini aku ingin menulis tentang sebuah buku karya Nora Robert, yang berjudul "Momen Penuh Keajaiban". Terus terang, baru kali ini aku membaca karya dari Nora Robert. Novel ini, Momen Penuh Keajaiban, termasuk novel romantis. Dan.., ini juga menjadi pengalaman pertamaku membaca novel romantis seperti ini.

Tokoh utama dalam novel ini adalah Ryan Swan dan Pierce Atkins. Ryan Swan adalah gadis yang cantik dan pintar sekaligus pewaris tunggal dari Swan Productions. Suatu penggambaran tokoh yang sempurna. Namun ternyata Ryan menyimpan sebuah kesedihan yang terpendam semenjak lama. Sebenarnya dulu ayahnya mengharapkan dia terlahir sebagai anak lelaki. Seumur hidupnya Ryan berjuang keras untuk menebus kesalahannya karena dilahirkan sebagai anak perempuan.

Bennett Swan, ayah dari Ryan Swan sebenarnya sangat menyayangi dan bangga pada putri tunggalnya itu. Ia memberi Ryan segala yang bisa dibeli dengan uangnya. Ia menyayangi anaknya dengan cara yang dia tahu, padahal sebenarnya Ryan lebih mengharapkan perhatian dan kehangatan ayahnya. Itulah yang menyebabkan Ryan tak bisa dekat dengan ayahnya, bahkan semenjak kematian ibunya.

Kekecewaan Ryan kepada ayahnya tergambar pada saat ayahnya mengirimkan paket sebagai kado ulang tahun tepat pada hari ulang tahunnya, kebetulan pada saat itu Ryan berada di Las Vegas sementara ayahnya berada di Los Angeles.

"Mengapa? tuntut Ryan dalam hati. Mengapa dia tidak menunggu dan memberinya hadiah secara langsung? Mengapa dia mengirim pesan yang diketik, berbunyi seperti telegram, dan hadiah yang sudah pasti dipilihkan oleh sekretarisnya? Mengapa dia tidak bisa mengirimkan cintanya saja? (halaman 180)

Sementara Pierce Atkins adalah seorang ilusionis yang sangat terkenal. Ilusi dan trik meloloskan dirinya penuh keberanian, mencolok dan tidak dapat dijelaskan. Pierce digambarkan sebagai sosok pria yang mempesona dengan 'misteri' yang menyelimutinya. Seperti Ryan, Pierce pun mempunyai kepedihan masa lalu yang tersimpan di hati. Semenjak kecil dia menyaksikan perilaku kasar ayahnya kepada ibunya, bahkan Pierce kecil penah dikunci ayahnya di dalam lemari. Beruntung, Pierce akhirnya dapat diselamatkan dan dititipkan pada sebuah panti asuhan.

Kisah masa lalu yang kelam tak membuat Pierce menjadi pemuda yang terganggu jiwanya. Walau dengan kemampuan ilusi dan trik yang dimilikinya, mudah baginya untuk menjadi seorang kriminal, namun Pierce telah bertekad untuk menjadi seorang pria yang jauh lebih baik dari ayahnya. Hanya saja, Pierce berkembang menjadi pemuda yang penuh misteri dan pendiam. Dan belakangan baru terungkap, bahwa ilusi meloloskan dirinya mungkin muncul dari pengalaman masa lalunya saat harus 'terperangkap' dalam sebuah lemari yang terkunci.

"Apakah Pierce berusaha meloloskan diri dari rantai, peti dan lemari besi karena masa kecil dulu dia selalu terkunci di dalam lemari gelap? Apakah dia terus-menerus berusaha melakukan hal yang mustahil karena dulu merasa begitu tak berdaya?" (halaman 127)

Pertemuan keduanya terjadi pada mulanya karena Ryan Swan ditugasi oleh ayahnya untuk menyelesaikan kontrak antara Pierce Atkins dengan Productions. Popularitas dan kegeniusan Pierce telah memikat Swan Productions. Pihak Swan ingin membuat sebuah tayangan televisi live dengan bintang utama Pierce Atkins. Kesepakatan yang akhirnya terjalin antara Pierce dan Swan Production adalah menetapkan Ryan Swan sebagai Produser Eksekutif untuk proyek itu.

Ryan mencurahkan segenap waktu dan perhatiannya pada proyek itu. Ia ingin membuktikan pada dirinya sendiri, dan khususnya pada ayahnya, bahwa dia sanggup mengerjakan proyek itu. Namun dalam pelaksanaannya tak semulus itu, karena ayahnya selalu ikut campur dan ikut serta dalam menentukan siapa-siapa yang harus masuk dalam tim proyek itu. Hal itu tentu saja membuat hubungan Ryan dan ayahnya sempat memanas. Masalah juga muncul dari Pierce karena dia mempunyai tim sendiri dan ingin tim-nya bekerja penuh dalam proyek televisi itu.

Yang mendominasi cerita justru adalah kisah cinta antara Ryan dan Pierce. Ryan yang sangat haus akan perhatian dan kasih sayang seolah mendapatkan apa yang dibutuhkannya dari Pierce. Kelembutan dan kemampuan Pierce untuk memahami dan mencintainya sepenuh hati benar-benar membuat Ryan jatuh hati. Pesona Ryan pun tak mampu ditolak oleh Pierce yang selama ini tertutup.

Hubungan keduanya memanas ketika untuk proyek televisi itu Pierce telah merancang sebuah ilusi meloloskan diri yang sangat berani. Terdorong oleh ketakutannya akan kehilangan Pierce, Ryan melarang Pierce melakukannya dan tentu saja hal itu ditolak Pierce. Sejak itu, hubungan mereka memburuk dan puncaknya adalah sesaat setelah proyek televisi itu berakhir, Ryan menghilang. Pierce pun kehilangan jejaknya.

Satu hal yang membuatku bernafas lega adalah di akhir cerita digambarkan hubungan antara Ryan dan ayahnya membaik.

Yang menarik dari buku ini, menurutku, adalah :
  1. Sikap dan perilaku orang tua seringkali sangat membekas di hati anak-anaknya dan terbawa sampai dewasa.
  2. Yang dibutuhkan oleh anak bukan materi semata, namun lebih pada perhatian dan cinta kasih.
  3. Komunikasi adalah kunci penyelesaian dari setiap masalah yang ada.
  4. Dengan ketekunan dan profesionalitas, maka kita akan mampu menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Komentar yang masuk untuk tulisan tersebut:

  1. hiks... kesimpulan yg no 1 itu setuju bgt T^T
  2. makasih mba,..ksimpulan dan makna yg mba tulis dari buku ini jadi pelajaran penting untukku *_*

    selamat malam mba ?
  3. wah harlequin toh mbak
    hihihi,aku suka baca tapi yg ini belom deh keknya
  4. buku yang sangat menarik mbak... thanks untuk kesimpulan yang sudah dibuat... sungguh memberi pencerahan...
  5. Seperti biasa, pinjem bukunya boleh mbak? :) huehehehe... Kok saya masih gak bisa reverensi buku yah?

    Mbak reni, saya sekarang jarang BW, inetnya masih dudul :((
  6. bagus mba bukunya
    jadi mau baca juga :D
  7. Buku yang mantap mbak....
    ..met siang mbak..
  8. Sepertinya novel ini juga bisa memotivasi kita ya mbak.Sungguh kesimpulan yang menarik.
  9. Point ke satu; adalah hal yg selalu suamiku ingatkan padaku, krn inilah pribadi wkt kecilnya, sgt ga enak bu..jd jgn sampe kt spt itu utk anak-2 kt..
  10. Kesimpulan yang sangat bagus mbak..
    kadang kita emang butuh kejaiban..
  11. wah jadi pengin bukunya pengin mbaca selengkapnya pasti isinya bagus2 banget iya??
  12. bolehkah budokter pinjem bukunya ya, kalau boleh mampir balik ya di ruang bu dokter
  13. pinjem novelnya mbak..
    hehe...
  14. bener banget tuh mbak, nietha aja ngerasa pribadi yang nietha bentuk lebih banyak menyerap dari ayah (ngleliat ayah yang tegar, kuat dan tegas) membuat nietha mengadopsi sifat2nya
  15. salam sobat
    wah buku momen penuh keajaibab karya Nora,,bukan Nura ya ,,gr nich hampir mirip nama saya.
    novel romantis.
    benar mba,sikap dan perilaku orang tua selalu membekasi pada anak2 dan terbawa sampai dewasa nanti.
  16. Betul. Setuju dengan kesimpulannya. Anak membutuhkan sosok yang dia kagumi, dan tentu untuk ditiru.Syukur kalau Ryan sama ayahnya akhirnya membaik.
  17. wah..pengen baca bukunya nih..

    makasih mbaa..salam kenal..
  18. Suka novel ya mbak ^_^. Saya juga, cuman saya senengnya yg bergenre konspirasi, kayak novel2nya Dan Brown itu. Juga novel2 Agatha Chrisie. Kalau yang drama2 begini saya belum prnah baca..
    Tapi dari resensi ini kurang lebih bisa tau alur ceritanya :)
  19. saya sepakat dengan kesimpulan nomer dua, anak memang membutuhkan uang, tapi mereka lebih membutuhkan kasih sayang...
  20. Menarik sekali sis kisahnya.nice reviews...
  21. oaling enak baca review-nya mbak reni , kenapa? sebab tiap kali review selalu ada kesimpulan akhir yang bisa kita ambil hikmahnya.
    BalasHapus
  22. Mbak, gimana kalo tukerannya sama ini aja? hehehe...kalo berkenan loh!
  23. kesimpulannya mantap mbak..salam kenal..
    BalasHapus
  24. dapet lg pelajaran baru disini..
    mksh mbak... trs bloging...
  25. pesulap itu menag penuh kejaiaban. gimana para fisikawan menanggapi sulap yang irasional ya?
    aku membayangkan suatu masa abad pertengahan pesulap dituduh sebagai penyiuhir yang melanggar hukum alam. lalu para mekanik memburu mereka dan melakukan pembantaia selama 15 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)